Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Waspada Gejala Kanker Payudara, Ketahui Penyebabnya

Gejala Kanker Payudara, Penyebab Kanker Payudara, waspada kanker payudara
Waspada Gejala Kanker Payudara, Ketahui Penyebabnya - Kanker Payudara merupakan penyakit yang diderita wanita dan menyerang jaringan (sel-sel) pada saluran atau lobula di payudara. penyakit ini pembunuh nomor 2 pada wanita selain kanker mulut rahim. Ada baiknya kita mengetahui gejala kanker payudara serta penyebab kanker payudara tersebut, sehingga pencegahan kanker payudara sejak dini bisa dilakukan.

Apa Penyebab Kanker Payudara?

Faktor penyebab timbulnya penyakit kanker ini belum dapat diketahui secara pasti. Namun anda dapat mengetahui melalui penelusuran dari sejarah keluarga yang mengidap kanker payudara, siklus menstruasi dini, atau kemungkinan lain yang sekiranya beresiko. Karena penyebab nya yang belum diketahui, sehingga setiap wanita beresiko terserang penyakit kanker payudara terutama wanita berumur 40 Tahun keatas. namun penyembuhan secara total sangat memungkinkan ketika anda mengetahui gajalanya sejak dini.

Jenis-jenis Kanker Payudara

Ada beberapa Jenis Kanker Payudara, berikut penjelasannya :

Duktual Karsinoma In Situ (DCIS)

Jenis ini merupakan tipe kanker payudara non invasif yang paling umum. DCIS artinya sel kanker masih berada di dalam duktus, belum menyebar keluar dinding duktus ke jaringan payudara disekitarnya. Mamografi merupakan cara yang dianggap paling baik untuk mendeteksi kanker payudara, dan  hampir semua wanita yang terserang kanker payudara tahap ini dapat disembuhkan.

Lobular Karsinoma In Situ (LCIS)

Bermula dari kelenjar yang memproduksi air susu tetapi tidak berkembang melewati dinding lobulus. sebenarnya LCIS bukan termasuk jenis kanker, namun terkadang LCIS digolongkan sebagai tipe kanker payudara non invasif. kebanyakan para ahli mengemukakan bahwa penderita LCIS tidak semuanya terkena kanker invasif namun penderita LCIS memiliki resiko yang lebih besar terkena kanker payudara. disaran kan untuk melakukan Mamografi secara rutin.

Infiltrating/Invasive Ductal Carcinoma (IDC)

Kabarnya 65 sampai 85 persen penderita kanker payudara merupakan jenis ini karena tipe IDC merupakan kanker payudara yang sering dijumpai. Biasanya akan muncul sebagai gumpalan yang biasanya terasa keras dibandingkan jaringan disekitarnya. timbulnya kanker jenis ini bermula dari duktus, menerobos dinding duktus dan berkembang pada jaringan lemak payudara.

Infiltrating/Invasive Lobular Carcinoma (ILC)

Hanya 5 sampai 10 persen kasus ditemui pada penderita kanker payudara.Meskipun tidak sebanyak IDC, type ini juga mempunyai sifat yang mirip. berkembang dari kelenjar yang memproduksi susu dan kemudian menyerang jaringan payudara disekitarnya. Juga bahkan ke tempat yang lebih jauh dari asalnya.

Gejala Kanker Payudara

Tidak hanya Benjolan pada payudara atau terasa menebal dan berbeda dari jaringan di sekitarnya., beberapa hal dibawah ini bisa jadi merupakan gejala kanker payudara.
  • Perubahan warna kulit, biasanya timbul tanda kemerahan pada kulit payudara, seperti kulit jeruk pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan.
  • Perubahan kulit. Adanya kerutan atau “lesung pipit” pada daerah sekitar payudara
  • Perubahan pada puting susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya.
  • Pengelupasan kulit puting susu atau bahkan salah satu puting susu tiba-tiba lepas / hilang
  • Keluarnya cairan atau darah dari puting susu.
  • Nyeri pada payudara atau bila tumor sudah besar, muncul rasa sakit yang hilang-timbul.
  • Tanda kanker payudara yang paling jelas adalah adanya borok (ulkus) pada payudara. Seiring dengan berjalannya waktu, borok ini akan menjadi semakin besar dan mendalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara. hingga payudara sering berbau busuk dan mudah berdarah.
Nah itu merupakan sekilas mengenai kanker payudara sehingga kita bisa Waspada Gejala Kanker Payudara, Ketahui Penyebabnya, lantas bagaimana pencegahannya serta pengobatannya?
Kunjungi halaman berikut untuk pencegahan serta pengobatan kanker payudara. semoga bermanfaat. terima kasih.

3 komentar:

  1. Kalau laki-laki apa juga bisa mengalami kanker payudara yang seperti ini om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan, tapi kemungkinannya sangat kecil dibanding wanita..

      Hapus
  2. terimkasih banyak, pembahasan yang bermanfaat

    BalasHapus

Terima kasih telah berkomentar, harap berkomentar dengan relevan, tidak mengandung sara atau hal negatif lainnya, tidak memasukkan link hidup pada komentar, jika terindikasi demikian, kami akan hapus komentarnya. :D