Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Pencegahan serta Pengobatan Kanker Payudara

Pencegahan serta Pengobatan Kanker Payudara
Pencegahan serta Pengobatan Kanker Payudara - Kanker payudara merupakan kanker pada jaringan payudara. Jenis kanker ini merupakan jenis kanker yang paling umum diderita kaum wanita. Tidak hanya kaum wanita, kaum pria juga beresiko terkena kanker payudara, walaupun kemungkinannya jauh lebih kecil yaitu sekitar 1 berbanding 1000. Kanker payudara atau dikenal dengan istilah Carcinoma mammae didefinisikan sebagai suatu penyakit neoplasma yang ganas. Sehingga oleh World Health Organization (WHO) Penyakit ini dimasukkan ke dalam International Classification of Diseases (ICD).

Meski demikian, kanker payudara dapat dengan mudah disembuhkan asal penderita mengetahui gejalanya sejak awal, untuk mengetahuinya kunjungi artikel saya sebelumnya tentang Waspada Gejala Kanker Payudara, Ketahui Penyebabnya. Selanjutnya saya akan bahas mengenai Pencegahan serta Pengobatan Kanker Payudara.


Pencegahan Kanker Payudara

  • Jangan menggunakan BH yang ketat, usahakan gunakan BH yang pas maupun longgar. terutama saat tidur, sebaiknya jangan menggunakan BH, agar sirkulasi darah bisa lebih lancar, dan payudara anda dapat "bernafas" dengan baik.
  • Lebih baik hindari makan makanan instan berbahan kimia. Bahan kimia dalam makanan merupakan penyebab utama timbulnya penyakit kanker termasuk kanker payudara. 
  • Hindari makanan berlemak tinggi dengan tujuan mengontrol berat badan anda, berat badan berlebihan juga beresiko terkena kanker payudara. jika anda memiliki berat badan berlebihan, sebaiknya diet dengan cara alami, baca : Cara Diet Sehat Alami 
  • Hindari merokok dan mengkonsumsi arkohol. karena jelas merokok serta mengkonsumsi alkohol meningkatkan resiko seseorang untuk terkena kanker.
  • Lakukan pemeriksaan rutin terhadap payudara agar dapat mendeteksi gejalanya lebih dini.
  • Lakukan olah raga, selain banyak manfaatnya, ternyata olah raga secara rutin juga dapat menghindari resiko terkena kanker payudara.
  • Menyusui merupakan pencegahan kanker payudara secara efektif, menyusui dalam jangka waktu 1 tahun memperkecil resiko timbulnya penyakit kanker payudara.

    Pengobatan Kanker Payudara

    Saat ini ada beberapa opsi dalam pengobatan kanker payudara, antara lain:

    Operasi Kanker Payudara

    Ada beberapa nama yang digunakan untuk operasi konservasi payudara: biopsi, lumpectomy, mastektomi parsial, re-eksisi, quadrantectomy, atau reseksi baji. berikut sedikit penjelasannya: 
    • Lumpectomy 
      Lumpectomy merupakan operasi pengangkatan tumor payudara serta beberapa jaringan normal di sekitarnya. jumlah pengangkatan akan bervariasi, pastikan anda mengkonsultasikannya dengan dokter anda. Pada kanker payudara, prosedur ini sering disebut operasi payudara-sparing. lumpectomy diikuti dengan terapi radiasi. Jenis operasi ini mungkin dianjurkan jika tumor berukuran kecil dan ahli bedah percaya bahwa akan mudah untuk memisahkan kanker dari jaringan di sekitarnya.
    • Mastektomi
      Ada 3 jenis mastektomi (Hirshaut & Pressman, 1992): 
      • Modified Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara, jaringan payudara di tulang dada, tulang selangka dan tulang iga, serta benjolan di sekitar ketiak. 
      • Total (Simple) Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara saja, tetapi bukan kelenjar di ketiak. 
      • Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan sebagian dari payudara. Biasanya disebut lumpectomy, yaitu pengangkatan hanya pada jaringan yang mengandung sel kanker, bukan seluruh payudara. Operasi ini selalu diikuti dengan pemberian radioterapi. Biasanya lumpectomy direkomendasikan pada pasien yang besar tumornya kurang dari 2 cm dan letaknya di pinggir payudara.

      Terapi Radiasi

      Terapi radiasi ini biasanya dilakukan pasca operasi dengan tujuan untuk membunuh sisa sel kanker. Atau bisa juga digunakan bersamaan kemoterapi untuk pengobatan kanker yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh. Biasanya, terapi radiasi dilakukan sekitar satu bulan setelah operasi atau kemoterapi.

      Kemoterapi

      Teknik ini cocok digunakan untuk penanganan sel kanker yang sudah menyebar ke seluruh tubuh. Kemoterapi adalah proses pemberian obat-obatan anti kanker atau sitokina dalam bentuk pil cair atau kapsul atau melalui infus yang bertujuan membunuh sel kanker melalui mekanisme kemotaksis.  Kemoterapi dapat dilakukan setelah operasi untuk menurunkan kemungkinan kanker datang kembali. Pada wanita dengan kanker payudara stadium lanjut, kemoterapi dapat membantu mengendalikan pertumbuhan kanker.

      Terapi Hormon

      Terapi ini digunakan untuk kanker payudara yang sensitif terhadap hormon. Jenis kanker yang sensitive terhadap hormon sering disebut sebagai kanker ER positif (estrogen receptor positive) dan positif PR (progesterone receptor positive). Tujuan terapi hormon adalah untuk mencegah kambuhnya kanker, biasanya digunakan setelah operasi, tapi kadang-kadang dapat digunakan terlebih dahulu untuk mengecilkan tumor.

      Rekonstruksi Payudara 

      Banyak wanita yang mengidap kanker payudara dan memilih mengamputasi payudaranya melakukan operasi rekonstruktif. Operasi ini bertujuan menggantikan kulit, puting, dan jaringan payudara yang hilang selama mastektomi.  Rekonstruksi bisa dilakukan dengan implan payudara atau dengan jaringan dari tempat lain di tubuh Anda, seperti perut.  Proses ini hampir sama dengan operasi, memerlukan biaya yang sangat mahal dengan resiko yang sangat tinggi.

      Nah itu dia beberapa tips Pencegahan serta Pengobatan Kanker Payudara semoga ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan, sara saya kenali penyebabnya, lakukan pencegahan sejak dini. semoga kesehatan selalu berpihak pada anda.

      1 komentar:

      Terima kasih telah berkomentar, harap berkomentar dengan relevan, tidak mengandung sara atau hal negatif lainnya, tidak memasukkan link hidup pada komentar, jika terindikasi demikian, kami akan hapus komentarnya. :D