Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Tips Mencegah dan Mengobati Asam Urat

Tips Mencegah dan Mengobati Asam Urat
Tips Mencegah dan Mengobati Asam Urat - Asam urat merupakan penyakit yang diakibatkan oleh zat purin yang masuk kedalam tubuh secara berlebihan, zat ini diolah tubuh menjadi asam urat, tetapi jika asam ini terlalu berlebihan, membuat ginjal tidak mampu mengelola serta mengeluarkan kristal asam tersebut, sehingga zat asam tersebut menumpuk di daerah persendian, sehingga mengakibatkan rasa nyeri.

Zat purin merupakan zat yang terdapat makanan makanan  baik itu yang berasal dari sumber hewani maupun nabati. ketika kita mengkonsumsi makanan yang berasal dari sumber nabati maupun hewani yang mengandung zat purin tersebut menyebabkan zat tersebut berpindah kedalam tubuh kita. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertent.

Gejala Asam Urat

Tanda Asam Urat Tahap Pertama

Tahap pertama gejala asam urat dikenal dengan istilah tahap artritis gout akut atau peradangan asam urat akut. Pada tahap ini penderita akan mengalami serangan artritis yang khas dan gejala tersebut akan menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 5 – 7 hari. Karena demikian, penderita sering  menduga kakinya hanya keseleo atau terkena infeksi sehingga tidak sadar jika itu merupakan tanda awal penyakit asam urat dan karenat ketidak sadaran itu maka penderita tidak melakukan pemeriksaan lanjutan.

Tanda Asam Urat Tahap Kedua

Gejala tahap kedua dikenal juga dengan tahap artritis gout akut intermiten. Setelah melewati gejala tahap pertama kemudian selama bertahun-tahun tanpa gejala asam urat, penderita akan memasuki tahap ini, ditandai dengan serangan artritis atau peradang yang khas. Selanjutnya penderita akan sering mendapat serangan (kambuh) yang jarak antara serangan yang satu dan serangan berikutnya makin lama makin rapat dan lama, serangan makin lama makin panjang, serta jumlah sendi yang terserang makin banyak. Pada tanda asam urat tahap kedua inilah penderita baru menyadari kalau dia sudah terkena serangan gejala asam urat. Penanganan pada tahap kedua ini tentu akan lebih sulit ketimbang pada tahap pertama.

Tanda Asam Urat Tahap Ketiga

Gejala penyakit asam urat tahap ketiga disebut sebagai tahap artritis gout kronik bertofus. Tahap ini terjadi bila penderita telah menderita sakit selama 10 tahun atau lebih. Pada tahap ini akan terjadi benjolan-benjolan di sekitar sendi yang sering meradang yang disebut sebagai tofus. Tofus ini berupa benjolan keras yang berisi serbuk seperti kapur yang merupakan deposit dari kristal monosodium urat. Tofus ini akan mengakibatkan kerusakan pada sendi dan tulang di sekitarnya. Tofus pada kaki bila ukurannya besar dan banyak akan mengakibatkan penderita tidak dapat menggunakan sepatu lagi.

Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Beberapa makanan mengandung zat purin yang tinggi sehingga sangat baik bila dihindari dikonsumsi oleh penderita asam urat, berikut ini beberapa daftar nya:
  • Hindari mengkonsumsi jeroan seperti ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak.
  • Beberapa jenis seafood ini juga alangkah baiknya dihindari seperti udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden
  • Memilih tidak mengkonsumsi ekstrak daging seperti abon dan dendeng serta beberapa makanan yang sudah dikalengkan seperti kornet sapi, sarden
  • Menghindari konsumsi daging kambing, daging sapi, daging kuda serta unggas seperti bebek, angsa dan kalkun
  • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
  • Lebih baik memilih sayuran lain selain sayuran berikut kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung
  • Kurangi mengkonsumsi keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental
  • Buah-buahan tertentu misalnya durian, nanas dan air kelapa
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega serta makanan kaya protein dan lemak.
 Nah itu cukup sekian dulu artikel mengenai Tips Mencegah dan Mengobati Asam Urat ini, semoga bermanfaat bagi anda, kunjungi tips saya yang selanjutnya mengenai cara mengobati asam urat secara alami.

1 komentar:

Terima kasih telah berkomentar, harap berkomentar dengan relevan, tidak mengandung sara atau hal negatif lainnya, tidak memasukkan link hidup pada komentar, jika terindikasi demikian, kami akan hapus komentarnya. :D